Sosialisasi Penanganan Pengaduan Komplain di RSUD TCD Sigli
Sigli – Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Tgk.Chik Ditiro Sigli, Menggelar Sosialisasi Penanganan Pengaduan Komplain yang disampaikan oleh Ibu Suryani, SKM, MKM, Sub Koordinator Humas Promosi dan Pemasaran dengan dibantu oleh tim internal Promosi Kesehatan (Promkes) RSUD TCD Sigli. Acara yang dihadiri oleh ratusan pasien dan pengunjung yang berkumpul di Ruang Tunggu Lantai I Poliklinik RSUD TCD Sigli. Selasa,10/9/2024.
Acara sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pasien dan keluarga mengenai alur pengaduan yang bisa dilakukan, jika merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterima di rumah sakit. Ibu Suryani, SKM, MKM menjelaskan pentingnya keterbukaan publik dalam menyampaikan keluhan agar rumah sakit dapat memperbaiki kualitas layanannya.
Sosialisasi ini ditujukan khusus kepada pasien, keluarga pasien, petugas Unit Peyampaian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) serta pengunjung yang sedang menunggu pelayanan di Poliklinik. Dengan melibatkan langsung pasien, diharapkan mereka memahami prosedur hak dan tanggung jawab mereka dalam proses pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Tujuan:
- Memberikan pemahaman tentang prosedur mekanisme pengaduan di rumah sakit.
- Mendorong partisipasi aktif pasien dan keluarga dalam peningkatan mutu layanan dengan memberikan umpan balik melalui jalur pengaduan resmi.
- Menjamin bahwa setiap keluhan yang disampaikan akan diproses secara profesional, cepat, dan transparan.
Kompetensi: Melalui sosialisasi ini, peserta diharapkan:
- Memahami hak-hak merekasebagai pasien dalam hal pelayanan kesehatan.
- Mengetahui unit layanan pengaduan komplain yang tersedia di rumah sakit, seperti hotline, kotak saran, dan platform mobil online.
- Mampu mengidentifikasi proses tindak lanjut dari setiap komplain yang diajukan.
- Memiliki kepercayaan bahwa rumah sakit akan menangani langsung setiap keluhan dengan cepat, transparan, dan menjaga kerahasiaan pengaduan.
Kegiatan sosialisasi acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif yang menarik, di mana pasien dan keluarganya dapat menyampaikan pertanyaan langsung yang mengarah kapada Ibu Suryani, SKM,MKM terkait alur pengaduan yang tersedia dan mekanisme cara penanganannya dirumah sakit ini. Kedepan manajemen RSUD TCD Sigli berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan demi kenyamanan dan kepuasan seluruh pasien.
Sumber
Humas Promosi dan Pemasaran
Instalasi Promkes
Recent Comments