PELATIHAN INTERNAL HPK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TGK CHIK DITIRO SIGLI ANGKATAN III TAHUN 2023
Tim Sosialisasi bersama Peserta dan narasumber dalam rangka Kegiatan Pelatihan internal Hak Pasien dan Keluarga (HPK) di Lt.I Aula Gedung Administrasi RSUD Tgk.Chik Ditiro Sigli. Kamis.6/7/2023.
RSUD TCD Sigli: – Hak pasien dan Keluarga (HPK) temasuk dalam kelompok pelayanan yang berfokus pada pasien (patient centered care), dimana melibatkan pasien dan keluarga dalam pengambilan keputusan medis setelah mendapatkan informasi akan lebih baik dalam proses perawatan dan lebih cepat penyembuhannya. Pasien dan keluarganya adalah pribadi yang unik dengan sifat, sikap, perilaku yang berbeda-beda, kebutuhan pribadi, agama, keyakinan, dan nilai-nilai pribadi, sehingga rumah sakit perlu membangun kepercayaan dan komunikasi terbuka dengan pasien untuk memahami dan melindungi nilai budaya, psikososial, serta nilai spiritual setiap pasien.
Untuk itu, dalam upaya mewujudkan komitmen pelayanan kesehatan yang berkualitas, aman, dan berfokus pada pasien, RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli pada tahun 2023 melalui Program Sub Koordinator Diklat telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Internal Hak Pasien dan Keluarga (HPK) bagi seluruh pegawai rumah sakit. Tim Diklat selaku panitia pelaksana melaporkan kegiatan Pelatihan Internal ini dilaksanakan rutin setiap 2 (dua) tahun sekali sebagai refreshing terhadap seluruh pegawai RS, dengan tujuan meningkatkan pemahaman & implementasi pemenuhan hak dan kewajiban pasien dengan pemberian layanan bermutu, manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminatif kelompok beresiko. Tahun ini pelatihan HPK dilaksanakan pada tanggal 5 Juni – 6 Juli 2023 bertempat di Aula Lantai I Gedung Pusat Administrasi, terbagi dalam 15 angkatan dengan jumlah peserta sekitar 80 org per angkatan, dan melibatkan narasumber internal dari Tim HPK RSUD TCD Sigli, terdiri dari unsur medis/ bidang pelayanan dan unsur keperawatan.
Untuk setiap angkatan, pelatihan dilaksanakan selama 1 (satu) hari penuh. Peserta dibekali materi oleh Tim HPK sebagai narasumber, diantaranya teori tentang Implementasi Hak Pasien dan Keluarga sesuai Undang-Undang Keperawatan, Aspek Legal Etis Pelayanan Kesehatan, Implementasi Hak Pasien untuk Menyampaikan Keluhan, Tanggung Jawab Rumah Sakit terhadap HPK, Partisipasi Pasien dan Keluarga dalam Proses Asuhan, Hak dan Kewajiban Pasien dan Tenaga Kesehatan (Hak untuk Menyampaikan Keluhan dan Hak Mendapat Informasi tentang Hak dan Kewajiban Pasien dengan Bahasa yang Mudah dimengerti, Persetujuan Umum dan Khusus, Pentingnya General Consent dan Informed Consent), Penelitian dan Perlindungan Terhadap Manusia atau Pasien sebagai Subjek Penelitian.
Lebih lanjut Tim HPK juga merinci tentang hak-hak dasar pasien, termasuk hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang kondisi kesehatan mereka, hak untuk memberikan persetujuan dalam pengobatan, dan hak untuk menjalani perawatan dengan hormat dan tanpa diskriminasi. Mereka juga mempelajari pentingnya mendengarkan keluhan pasien dan memberikan solusi yang sesuai. Kemudian narasumber juga memaparkan keterlibatan keluarga juga menjadi fokus utama dalam pelatihan ini, karena keluarga seringkali memainkan peran yang signifikan dalam proses penyembuhan pasien yaitu memberikan panduan tentang bagaimana mengintegrasikan keluarga dalam perawatan pasien. Ini termasuk memberikan informasi yang jelas kepada keluarga, mendukung mereka dalam mengambil keputusan penting, dan menciptakan lingkungan yang humanis sesama kepada keluarganya selama perawatan dirumah sakit. Kami percaya bahwa hak pasien dan keterlibatan keluarga adalah hal dasar yang tidak bisa terpisahkan dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas.
Pada saat acara penutupan, Manajemen RSUD Tgk. Chik Ditiro sangat mengharapkan seluruh pegawai rumah sakit yang telah mengikuti pelatihan ini agar dapat meningkatkan pemahaman & implementasi pemenuhan hak dan kewajiban pasien dengan pemberian layanan bermutu, manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminatif. Pada akhir pelatihan nanti, para peserta juga diberikan Sertifikat sebagai tanda pengakuan atas keberhasilan mereka dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip HPK.
Sumber: Humas Promosi dan Pemasaran RSUD Tgk.Chik Ditiro Sigli.
Recent Comments