Kegiatan Inhouse Training Gawat Darurat Triage Di RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli
Pelayanan kesehatan adalah upaya yang diselenggarakan oleh suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta yang penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan.
Pelayanan gawat darurat merupakan pelayanan yang dapat memberikan tindakan yang cepat dan tepat pada seorang atau kelompok orang agar dapat meminimalkan angka kematian dan mencegah terjadinya kecacatan yang tidak perlu. Upaya peningkatan gawat darurat ditujukan untuk menunjang pelayanan dasar, sehingga dapat menanggulangi pasien gawat darurat baik dalam keadaan sehari-hari maupun dalam keadaaan bencana.
Dengan semakin meningkatnya jumlah penderita gawat darurat, maka diperlukan peningkatan pelayanan gawat darurat baik yang diselenggarakan ditempat kejadian, selama perjalanan ke fasilitas pelayanan kesehatan maupun di fasilitas pelayanan kesehatan.
TUJUAN
- Pengenalan tepat pasien yang butuh pelayanan segera
- Menentukan area yang layak untuk tindakan
- Menjamin kelancaran pelayanan dan mencegah hambatan yang tidak perlu
- Menilai dan menilai ulang pasien baru / pasien yang menunggu
- Beri informasi /rujukan pada pasien / keluarga
- Redam kecemasan pasien / keluarga
Ruang Lingkup
Ruang lingkup pelayanan ruang Gawat Darurat meliputi :
- Pasien dengan kasus True Emergency yaitu pasien yang tiba – tiba berada dalam keadaan gawat darurat atau akan menjadi gawat dan terancam nyawanya atau anggota badannya (akan menjadi cacat) bila tidak mendapat pertolongan secepatnya.
- Pasien dengan kasus False Emergency yaitu pasien dengan :
- Keadaan gawat tetapi tidak memerlukan tindakan darurat
- Keadaan gawat tetapi tidak mengancam nyawa dan anggota badannya
- Keadaan tidak gawat dan tidak darurat
Kegiatan Pokok
Pengembangan kualitas dan kuantitas tenaga medis dalam penanganan pasien yang masuk ke UGD
Jadwal Kegiatan
Hari: Selasa – Rabu
Tanggal:
- Angkatan I : 23 Juli 2019
- Angkatan II : 24 Juli 2019
Waktu: 07.30 – 17.00 Wib
Tempat: Aula Lantai I RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli
Materi: Penerimaan pasien sesuai sistem Triage
Recent Comments