RSUD TGK. CHIK DITIRO SIGLI ADAKAN PELATIHAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS ISLAMI
Sigli – Direktur RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli drg. Mohd Riza Faisal membuka Pelatihan Pelayanan Kesehatan Berbasis Islami yang merupakan segala bentuk pengelolaan kegiatan asuhan medik dan asuhan keperawatan yang dibingkai dengan kaidah-kaidah Islam. Instalasi Diklat dan Pengembangan SDM RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli menyelenggarakan pelatihan ini selama 12 hari terhitung tanggal 12 s/d 29 maret 2018 yang diikuti oleh 1078 orang peserta dan dibagi menjadi 14 Kelas dengan masing-masing kelompok terdiri dari 77 orang perkelas yang dilaksanakan di Lantai I Aula RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli. Pelatihan ini dilaksanakan bagi seluruh staf (Dokter, Perawat dan Bidan) yang bertugas di RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli
Program ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan konsep pelayanan berbasis islami sebagai jawaban dari berbagai permasalahan yang terkait dengan mutu pelayanan yang optimal dan sejalan dengan ke arifan lokal, dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat berfungsi sebagai pendamping spiritual bagi pasien dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli yang berkualitas dan sesuai syariat Islam dan Pegawai RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli (dokter, perawat dan bidan ) mampu memberikan asuhan keperawatan dan kebidanan kepada pasien, dan memiliki ketrampilan intelektual, interpersonal, tehnikal dengan pendekatan silaturrahmi (interpersonal) didasari iman ilmu dan amal.
Tim instruktur berasal dari Trainer Pelayanan Kesehatan Berbasis Islami Teewan Solution yaitu DR. Irwan Saputra, S.Kep,MKM. Metode penyampaian pelatihan diawali dengan pemberian penjelasan tentang konsep pelayanan berbasis islami, kemudian mendampingi petugas secara bergiliran dalam penerapan karakterisktik nilai islami pada SOP penerimaan pasien baru, SOP Operan jaga, SOP pelaksanaan proses keperawatan, SOP pendampingan sholat dan SOP Discharge Planning. Indicator keberhasilan program ini di ukur salah satu model pengukuran mutu pelayanan yaitu : tingkat kepuasan terhadap pelayanan berdasarkan Reliability (Kepercayaan), Assurance (Jaminan), Tangible (Kenyataan), Empaty, dan Responsiveness (Tanggung Jawab). Selanjutnya dilakukan perbandingan terhadap kedua nilai kepuasan kelompok tersebut.
Materi Pelatihan Yang Diberikan
Pelatihan dan sosialisasi konsep pelayanan islami yang meliputi materi tentang :
- Konsep dan strategi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit
- Kaidah salam, senyum, sentuh dan sapa
- Kaidah Bismilah dan Alhamdulillah dalam setiap tindakan
- Strategi pendampingan shalat bagi pasien
- Strategi petugas untuk mengajak pasien berzikir
- Konsep dan aplikasi doa kepada pasien
- Konsep dan strategi pelayanan berbasis dakwah
Pendampingan dan bimbingan pelayanan islami ke masing-masing ruangan dengan berpedoman pada SOP Pelayanan Islami yang meliputi :
- SOP Penerimaan Pasien Baru
- SOP Operan Jaga
- SOP Pelaksanaan Proses Keperawatan
- SOP Pendampingan Sholat, dan
- SOP Discharge Planning.
Direktur RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli drg. Mohd Riza Faisal mengatakan manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini sangat besar, maka dukungan dan kerjasama dari semua pihak terkait sangat kami harapkan.Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait atas segala dukungandan kerja samanya. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua pihak dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.
Recent Comments